PENGENALAN PRAKTIK SEDERHANA TENTANG TUMBUHAN KEPADA GURU-GURU IPA DI KOTA GORONTALO: MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN BAGI SISWA SMP

Main Article Content

Devi Bunga Pagalla
Chairunnisah J. Lamangantjo
Masrid Pikoli
Jusna Ahmad
Najmah Najmah

Abstract

Laboratorium Botani adalah fasilitas yang dilengkapi dengan alat dan bahan untuk mempelajari berbagai aspek tumbuhan seperti melakukan kajian anatomi tumbuhan, taksonomi tumbuhan, morfologi tumbuhan, dan eksperimen dalam bidang fisiologi tumbuhan. Di Laboratorium Botani, guru dan siswa dapat melakukan berbagai eksperimen sederhana yang menyenangkan tentang tumbuhan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan praktik sederhana di laboratorium botani yang dapat diterapkan oleh guru-guru IPA di Kota Gorontalo untuk membuat pembelajaran tentang dunia tumbuhan menjadi lebih kreatif dan menyenangkan bagi siswa. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah untuk memberikan pemahaman dasar, diskusi interaktif untuk berbagi pengalaman dan menjawab pertanyaan, serta demonstrasi praktik melalui video untuk memvisualisasikan teknik-teknik sederhana yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan dan pemahaman guru-guru IPA dalam menerapkan praktik laboratorium botani sederhana. Guru-guru mampu mengintegrasikan teknik-teknik tersebut ke dalam proses pembelajaran, yang berdampak positif pada minat dan partisipasi siswa dalam belajar tentang tumbuhan. Kegiatan ini berhasil mensosialisasikan praktik laboratorium botani yang sederhana namun efektif, yang dapat digunakan oleh guru-guru IPA untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif dan menyenangkan. Peningkatan keterampilan guru dan antusiasme siswa terhadap pembelajaran botani menjadi indikasi keberhasilan program ini, yang diharapkan dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains di Kota Gorontalo.

Article Details

Section
Articles