POJOK CERDAS KREASI DAN POJOK CERDAS MARKETING UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DAN UMKM DI KALURAHAN UMBULMARTANI

Main Article Content

Roswita Maurice Sani
Emiliana Theodora Purwaningrum
Margareta Nona Soge
Daffa Maulana Zahran
Sofiani Setiawan
Hendrika Melita Panggar
Rokhana Dwi Bekti

Abstract

PPK Ormawa 2024 oleh HIMASTA, Program Studi Statistika, Universitas AKPRIND Indonesia dilaksanakan di Dusun Ngemplak 1 dan Dusun Kalisoro, Kelurahan Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman, DIY. Dusun Ngemplak 1 memiliki potensi hasil panen talas yang melimpah. Meskipun tanahnya subur dan sesuai untuk tanaman talas, penduduk setempat belum tahu cara mengolah talas tersebut. Oleh karena itu, Tim memberikan program melalui Pojok Cerdas Kreasi yang berupa memproduksi umbi talas menjadi keripik talas dengan varian rasa original dan balado. Di Dusun Kalisoro, sudah ada tiga UMKM, namun mereka belum memiliki izin PIRT dan belum memiliki kemampuan dalam mempromosikan produk mereka di media sosial. Oleh karena itu tim memberikan program melalui Pojok Cerdas Marketing. Program ini berlangsung selama bulan Juni-Oktober 2024 yang bertujuan untuk memberikan pelatihan produksi, pengembangan varian rasa, dan promosi produk di media sosial. Sasaran adalah kelompok warga Dusun Ngemplak 1 dan UPPKA Citra Sari di Dusun Kalisoro. Hasil program ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mitra dalam mengolah talas dan mempromosikan produk mereka. Dengan hasil keripik talas yang variatif, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Hal ini membuktikan bahwa mitra mampu mengembangkan produk bernilai jual tinggi untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Article Details

Section
Articles