Peningkatan Kualitas Guru Melalui Komunitas: Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Untuk Mendukung SDGs-4
Main Article Content
Abstract
Peningkatan kualitas guru merupakan elemen krusial dalam mewujudkan pendidikan berkualitas yang sejalan dengan prinsip SDGs-4. Meski demikian, banyak guru menghadapi tantangan dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka, terutama dalam mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan, inklusivitas, dan teknologi pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang relevan dan inovatif. Metode kegiatan mencakup identifikasi kebutuhan guru, pelatihan intensif, pendampingan berkelanjutan, evaluasi, serta publikasi dan penyebarluasan hasil kegiatan. Dampak dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka telah meningkat secara signifikan. Terdapat 90% guru berhasil membuat perangkat pembelajaran yang berkualitas, serta 75% guru mampu meningkatkan keterampilan teknologinya. Kegiatan ini juga menciptakan dampak jangka panjang dengan membentuk komunitas belajar guru sebagai wadah pengembangan profesional berkelanjutan dan penyebaran praktik terbaik kepada guru-guru lain di wilayah sekitar. Manfaat dari kegiatan ini tidak hanya memperkuat kapasitas guru di MAN 1 Lamongan, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pendidikan berbasis SDGs-4 di tingkat lokal dan nasional.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.