ANALISIS PENGELOLAAN EVENT HALLOWEEN NIGHT TEROWONGAN CASABLANCA OLEH DOUBLE M
Main Article Content
Abstract
Pandemi COVID-19 sudah berlangsung selama 2 tahun sehingga menyebabkan banyaknya penundaan acara. Dunia pariwisata meredup sejak pandemi resmi dideklarasikan secara nasional dan internasional. Tidak mudah menghidupkan kembali dunia pariwisata di tengah pandemi COVID-19, event Halloween “Terowongan Casablanca” berhasil meningkatkan minat masyarakat untuk mencari hiburan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana event tersebut dapat berhasil memenuhi harapan. Event Halloween "Terowongan Casablanca" merupakan event yang diselenggarakan oleh JKT GO dan Rumah Hantu Indonesia yang dikelola oleh Double M Event Organizer. Event ini merupakan wahana rumah hantu yang dikemas dengan konsep terbaru, yaitu drive-thru. Konsep ini bertujuan untuk menghindari kontak langsung hantu buatan dengan pengunjung. Penelitian kualitatif desktiptif ini menganalisa event drive-thru ini. Walaupun kematangan persiapan yang tidak sempurna dikarenakan konsep yang baru tentunya memiliki banyak aspek yang sulit untuk dipresiksi, event ini mendapatkan respon yang sangat positif dilihat dari antusiasme masyarakat hingga membuat penyelenggara bersemangat untuk menggunakan konsep yang sama di wilayah atau kota lainnya. Faktor promosi juga menjadi faktor penting selain konsep acara ini.
Article Details
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik: Edisi revisi. PT. Rineka Cipta.
Getz, D. (2008). Event tourism: Definition, evolution, and research. Tourism Management, 29(3), 403–428.
Goldbatt, J. (2013). Special events: Creating and sustaining a new world for celebration (Ed. 7). John Wiley and Sons.
Kusuma, C. S. D. (2016). Modul manajemen event. Jurusan Pendidikan Administrasi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/197912032015042001/pendidikan/MODUL%20MANAJEMEN%20EVENT.Chusnu.pdf
Noor, A. (2009). Manajemen event. CV. Alfabeta.
Rangkuti, F. (2013). Analisis swot teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Shone, A., & Parry, B. (2019). Successful event management: A practical handbook (Ed. 5). Cengage Learning.
Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & spss. Kencana.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. CV. Alfabeta.