FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN ULANG DI RESTORAN PINO’S KOTA GORONTALO

Main Article Content

Aswin Trisulo Akhnan
Asminar Mokodongan
Lisna Bantulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan pembelian ulang di restoran Pino’s Kota Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen melakukan pembelian ulang di restoran Pino’s Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, prosedur pengumpulan data yang diperoleh melalui pengumpulan angket/kuesioner, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka, sumber data diperoleh dari data primer dan skunder. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor-faktor pengaruh (Lokasi, Tampilan Restoran, Tampilan Makanan, Informasi Makanan, Ketersediaan Makanan, Kualitas Makanan, Harga, Promosi atau Diskon, Pelayanan, Kepercayaan) berpengaruh terhadap pembelian ulang konsumen di restoran Pino’s Kota Gorontalo. Faktor yang paling berpengaruh terhadap pembelian ulang konsumen di restoran Pino’s Kota Gorontalo yaitu kualitas makanan dengan pilihan jawaban baik sebanyak 28 dan baik sekali 10 orang.

Article Details

Section
Articles

References

Abubakar, Rusyid. (2017). Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, ALFABETA: Bandung.

Anoraga, P. (2000). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assael, Henry. (2008). Consumer Behaviour and Marketing Action. Boston: Wadsworth, Inc.

Buchari Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Danang Sunyoto. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Fadhli, Andrian & Nursal. (2022). Prilaku Konsumen. Malang: Penerbit Rena Cipta Mandiri.

Ferdinand. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P, Keller K (2016): Marketing Management, 15thEdition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Mandasari, V., & Tama, B. A. (2011). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Study Kasus XYZ. Jurnal Generic, 6.

Munandar, A. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Ninemeier, J.D. & Hayes, D.K. (2006). Restaurant operation management: principles and practices. New Jersey: Prentice Hall.

Nugroho J. Setiadi. (2003). Prilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Putri, L. H. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 1(2), 162–170.

Ramadhan, Bushairy Muhammad Siradj. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Pada Restoran Mcdonald's Di Kabupaten Karawang. Cakrawala Management Business Journal.

Setiawan, Ilham, Anton, A, dan Susila, I. (2004). Pengaruh Service Quality Perception Terhadap Purchase Intention: Studi Empirik Pada Konsumen Supermarket. Usahawan, No. 7 th. XXXIII, Juli, pp. 29 – 37.

Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso dan Yudi Sutarso. (2010). Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soekresno. (2001). Management Food and Beverege Service Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.