KESALAHAN KOMUNIKASI ANTARA SALES DEPARTMENT DENGAN F&B SERVICE DALAM MENANGANI EVENT DI BANQUET SECTION GRAND Q HOTEL GORONTALO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui bagaimana komunikasi antara Sales Departement dengan F&B Service dalam menangani Event di Banquet Grand Q Hotel Gorontalo sehingga terjadi kesalahan komunikasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah komunikasi Sales & Marketing dengan Banquet dalam menangani Event di Grand Q Hotel Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, prosedur pengumpulan data yang diperoleh melalui pengumpulan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka, sumber data diperoleh dari data primer dan skunder. Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi antara Sales dan Banquet dominan menggunakan komunikasi tertulis melalui BEO, seringnya terdapat istilah teknis di dalam BEO yang kurang dipahami oleh pihak Banquet, komunikasi pihak Banquet secara lisan menjadi kurang jelas dikarenakan faktor lingkungan yang bising saat terjadi lonjakan pengunjung di hotel, beberapa panitia penyelenggara event kurang memahami penjelasan yang diberikan oleh pihak sales mengenai tata letak yang diinginkan.
Article Details
References
Agus Mertayasa, I Gede, (2012), Food And Beverage Service Operational, Yogyakarta: Andi
Andrew E.Sikula. (2017). Training dan Pengembangan Tenaga Kerja. Jakarta: Pustaka Binaman.
Assael, Henry. (2001). Consumer Behavior. (Edisi keenam). New York: Thomson Learning.
Bagyono. (2005). Pariwisata dan perhotelan. Bandung: Alfabeta
DeVito, J. A. (2017). The Interpersonal Communication Book. Pearson.
Devito, Joseph A. (2019). “Komunikasi Antar Manusia”. Tanggerang: Kharisma
Deddy Mulyana. (2005). Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fogg, B. J. (2003). Persuasive Technology: Using Computers to Change What We Think and Do. Ubiquity
Griffin, Emory A. (2018). A First Look at Communication Theory. McGraw-Hill Education.
Goodman Raymod, J.Ir. (2003). Food and Beverage Service Management. Jakarta:Erlangga.
Husain, Pahlawanti. (2016). Koordinasi dan Komunikasi antara Kantor Depan dengan Tata Graha dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu di Hotel Copthorne Orchid Penang, Malaysia. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
I Made Winartha. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Gaha Ilmu.
Kusumawati, Tri Indah. (2015). Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol.6 No.2 Edisi Juli-Desember.
Komala, Lukita. (2009). Ilmu Komunikasi: Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjajaran
Mulyana Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musadad. (2021). Hotel Interdepartmental Communication: A Case of F&B Service and Sales & Marketing at Mercure Bandung Nexa. Tourism Research Jurnal. Vol.5 No.1.
Purwanto, Djoko. (2006). Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Gelora Aksara Pratama
Riyadi, Heru, dkk. (2015). Pengetahuan Layanan Makanan dan Minuman, Bandung:Alfabeta.
Rumekso. 2002. Housekeeping Hotel. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Robbins SP, dan Judge. (2007). Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta.
Samovar, Larry A. (2017). Communication Between Cultures. Cengage Learning.
Suranto Aw. (2018). Komunikasi organisasi: Prinsip komunikasi untuk peningkatan kinerja organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
T Wood, J. (2016). Interpersonal Communication. Everyday Encounters. 8th Edition
Wongkar. (2016). Koordinasi Antara Sales and Marketing Department Dengan Banquet Section Dalam Menangani Event Di Hotel Gran Puri Manado. Manado: Politeknik Negeri Manado.
Wood, J.T. (2010). Interpersonal Communication: Everyday Encounters. Boston: Wadsworth Cengage Learning.