PERANAN PURCHASING DEPARTMENT TERHADAP PENGADAAN BARANG DI UTC. DAMHIL

Main Article Content

Julkifli A. Idrus
Poppy Arnold Kadir
Rendy Wijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentinganya Peranan Purchasing Department Terhadap Pengadaan Barang di UTC DAMHIL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melakukan pendekatan kualitatif melalui obesrvasi lapangan dan wawancara dari informan yang telah di olah..Hasil dari penelitian ini didapatkan sistem pembelian di departemen purchasing UTC Damhil di mulai dengan sistem kontrak, sistem harian, sitem bulanan dan sistem pembelian secara kontan. PerananĀ  purchasing dalam pengadaan barang UTC Damhil sudah mengikuti standar SOP hotel pada umumnya, yaitu dengan menerima form permintaan barang dari departemen lain yang didalam form tersebut hanya tertera jumlah, nama barang dan yang bertanda tangan di form tersebut yaitu department head, purchasing dan chief accounting. Peran sumber daya manusia purchasing terhadap pengadaan barang yaitu dengan SDM purchasing memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa barang yang akan diadakan benar - benar sesuai kebutuhan melalui form yang diajukan ke purchasing. Prinsip yang diterapkan di UTC Damhil dalam pembelian barang adalah mengacu pada 6 prinsip antara lain; the right price, the right quantity, the right time, the right place, the right quality dan the right source.

Article Details

Section
Articles

References

Asanah, M. Y A. 2012. Perancangan hotel resort di Banic Green architecture (Doctoral)

Cahyadi, R. W. (2014). Pengaruh Pengandalian Pembelian Bahan Baku Terhadap Tingkat

Ibrahim. M.M. 2008. da. Assauri, S. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Jakarta Fakultas Ekonomi UI

Djokopranoto, R &,Ricahardus E, 1, 2009, Manajemen Pembelian dan Konsep Supply chain, Grasindo Jakarta.

Moleong. L dan Nazir.M, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:PT Remaja

Inventory Turn Over (Studi pada PT. Multi Instrumentasi Bandung periode tahun 2010s/d 2013) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama

Kadir, P. A. .2020. Strategi Marketing melalui Online Travel Agent dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar di Training Center Damhil Universitas Negeri Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 6(2), 147-160.

Rosdakarya, 2002. h. 166. Martina, E., & Kurniawan, B. (2020). Peranan Purchasing Dalam Menunjang Operasional KitchenDi Angsana Hotel Bintan. Jurnal Daya Saing, 6(1), 30- 37. Sakti, G. K. (2015). Prosedur Di Dalam Departement Purchasing Hotel Garden Palace Surabaya(Doctoral dissertation, Universitas Airlangga)

Sihite Richart, 2000. Hotel Accounting and Cashier.Surabaya:SIC

Suarsana, N. (2007). Siklus Pengadaan Barang: Aplikasi di Perhotelan dan Restoran, GrahaIlmu. Aphnia, A. S., Nurlena, N., & Maulida, R. G. (2019) Pembelian Dan Distribu Barang Di The TransLuxury Hotel Bandung, el'roceedings of Applied Science, 5(3)

Sugiono (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utama, I Gusti Bagus dan Ni Made Eka Mahadewi 2012. Metode Penelitian dan Perhotelan. Penerbit Andy. Yogyakarta

Wardiyanto 2010. Metode Penelitian Pariwisata. Penerbit Andy Yogyakarta