EVALUASI TERHADAP KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR JALAN JAMALUDIN MALIK LIMBA U 1 KOTA SELATAN KOTA GORONTALO DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

Main Article Content

Husen Alhabsyi
Ari Putra Rachman
Aning Yustica Sari Abdullah

Abstract

Perkerasan lentur yaitu perkerasan menggunakan bahan campuran aspal sebagai lapisan permukaan serta lapisan bawah aspal menggunakan bahan berbutir, sehingga lapisan perkerasan tersebut mempunyai kelenturan yang dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan efisiensi melalui konstruksi jalan yang kuat. Struktur perkerasan terdiri dari beberapa jenis lapisan dari bahan yang telah diproses, yang berfungsi untuk mendukung berat beban kenderaan tanpa menimbulkan kerusakan. Penyebab kerusakan jalan saat ini terjadi karena peningkatan volume maupun beban kendaraan, Pavement Condition Index atau Indeks Kondisi Perkerasan merupakan salah satu sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat kerusakan yang terjadi dan dapat digunakan sebagai acuan dalam pemeliharaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan serta mengetahui kebutuhan pemeliharaan atau penanganan ruas jalan. Tingkat penilaian menggunakan metode PCI yaitu kriteria sempurna (excellent), sangat baik (very good), baik (good), sedang (fair), buruk (poor), sangat buruk (very poor). Lokasi yang dijadikan objek penelitian diruas jalan Jamaludin Malik, Limba U 1, Kota Selatan, Kota Gorontalo. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei kerusakan perkerasan lentur dengan membagi unit sampel menjadi 6 segmen 100 m dan 1 segmen 98 m, dengan menggunakan metode PCI memiliki 7 langkah yang digunakan untuk mengetahui nilai PCI, yaitu density, deduct value, total deduct value, nilai q, corrected deduct value, nilai kondisi perkerasan dan kualifikasi kualitas perkerasan. Hasil evaluasi kondisi perkerasan lentur didapatkan nilai PCI rata – rata sebesar 32,43 dengan tingkat kondisi perkerasan buruk (poor) hal ini menunjukan bahwa sebagaian besar jalan Jamaludin Malik, limba U 1, Kota Selatan, Kota Gorontalo dalam kondisi rusak, dengan 4 jenis kerusakan yang terjadi yaitu retak blok (block cracking), retak pinggir (edge cracking), alur (rutting), dan lubang (potholes).

Article Details

Section
Articles

References

ASTM International D-6433 Pavement Condition Index (PCI), 2007

Bakri, M. D. (2020). Evaluasi Kondisi dan Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus: Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara). Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 81–96. https://doi.org/10.35334/be.v3i2.1170

Departemen Dinas Perkerjaan Umum- Badan Penelitian dan Penggembangan Pusat Penelitian Pengembangan Prasarana Transportasi. April 2005. Teknik Evaluasi Kinerja Perkerasan Lentur, Seri Panduan Pemeliharaan Jalan Kabupaten.

Departemen Dinas Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

Devita Sari, Dkk, 2019, “Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode IRI (International Roughness Index) Pada Jalan Kelas II Kabupaten Lumajang”, Lumajang

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1990). Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota, No. 018/T/BNKT/1990, Departemen Pekerjaan Umum: Direktorat Jenderal Bina Marga.

Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI, 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/TBM/1997.

Hardiyatmo, H.C., 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Hasibuan dan Surbakti,2019, “ Study of Pavement Condition Index (PCI) Relationship with International Roughness Index (IRI) on Flexible Pavement ”, Medan

Hillman Yunardhi, M.Jazir Alkas dan Heri Sutanto,2018, Analisa kerusakan jalan dengan metode pci dan alternatif penyelesaiannya studi kasus : ruas jalan D.I. Panjaitan, Samarinda.

Lasarus, R., Lalamentik, L. G. J., & Waani, J. E. (2020). Analisa Kerusakan Jalan dan Penanganannya dengan Metode PCI (Pavement Condition Index) (Studi Kasus : Ruas Jalan Kauditan (by pass)-Airmadidi ; STA 0+770-STA 3+770). Jurnal Sipil Statik, 8(4), 645–654.

Mulyadi,M. Isya dan Sofyan M. Saleh,2018, Studi kerusakan jalan ditinjau dari faktor setempat (studi kasus ruas jalan Blangkejeren – Lawe Aunan), Aceh

Shahin, M.Y. 1994, Pavement for Airports, Roads, Parking Lots, Chapman and Hall, Dept. BC., New York

Toni Oki Pratama dan Mas Suryanto HS, ST., MT,2019, Analisa kerusakan jalan dan teknik perbaikan berdasarkan metode pavement condition index (PCI) beserta rencana anggaran biaya pada ruas jalan Gempol – Pandaan (Studi Kasus: Ruas Jalan Gempol – Pandaan Km 39+000 – 42+000), Pasuruan