PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY DENGAN MEMANFAATKAN MARKER BASED TRACKING PADA MATERI SISTEM KOMPUTER
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan utama di SMK Negeri 1 Paguyaman, Boalemo. Siswa kelas X masih kesulitan dalam mempelajarai materi sistem komputer terutama pada proses booting komputer. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality, (2) mendesain media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran informatika, dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Reseach and Development dengan model Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan pendistribusian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan media pembelajaran Augmented Reality di SMK Negeri 1 Paguyaman, Boalemo pada materi sistem komputer dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, (2) desain media pembelajaran Augmented Reality dapat membantu guru dalam proses pembelajaran sehingga siswapun lebih mudah memahami materi sistem komputer pada cara kerja komputer bagian proses booting komputer, dan (3) hasil penelitian melalui pengujian kelayakan yang memiliki tingkat validitas kelayakan sesuai penilaian oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata–rata presentase kelayakan sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian uji responden dengan menggunakan pengukuran SUS (System Usability Scale) yang kemudian mendapatkan jumlah presentase sebesar 78.3% dengan kategori good atau grade B. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AR pada materi sistem komputer dinyatakan layak digunakan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas X SMK Negeri 1 Paguyaman, Boalemo.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
AIrikuinto, S. (1993). Proseduir Penelitiain Suiaitui Pendekaitain Praiktik (edisi revisi). PT. Rinekai Ciptai.
AIrsyaid, AI. (2011). Mediai pembelaijairain. Jaikairtai : PT. Raijai Graifindo Persaidai.
AIzuimai, R. T. (1997). AI suirvey of aiuigmented reaility. Presence: teleoperaitors & virtuiail environments, 6(4), 355-385.
Brooke, J. (2013). SUS: a retrospective. Journal of usability studies, 8(2).
Djaifair, S., & Noviain, D. (2021). Implementaisi teknologi aiuigmented reaility dailaim pengembaingain mediai pembelaijairain peraingkait kerais kompuiter. Jaimbuirai Jouirnail of Informaitics, 3(1), 44-57.
Ependi, UI., Painjaiitain, F., & Huitriainto. (2017). System UIsaibility Scaile AIntairmuikai Pailembaing Guiide Sebaigaii Mediai Penduikuing AIsiain Gaimes Xviii. Jouirnail Of Informaition Systems Engineering AInd Buisiness Intelligence, Vol. 3, No. 2, 80-86.
Haimdaini, R., & Suimbaiwaiti, M. S. (2019). Pengembaingain Mediai Pembelaijairain Berbaisis AIuigmented Reaility Paidai Maitai Kuiliaih Sistem Digitail Di Juiruisain Teknik Informaitikai UInesai. IT-Edui: Juirnail Informaition Technology aind Eduicaition, 4(02).
Hainaifi, M. R. (2015). AInailisis Dain Peraincaingain AIplikaisi Geometrai, Mediai Pembelaijairain Geometri Maitai Pelaijairain Maitemaitikai Berbaisis AIndroid Mengguinaikain Teknologi AIuigmented Reaility. Skripsi. Yogyaikairtai : UIniversitais Negeri Yogyaikairtai.
Hairyainto, AI. T., & Suicipto, L. AI. (2013). Sistem Kompuiter. Suiraikairtai : Politeknik Negeri Mediai Kreaitif
Luither, AIrc C. (1994). AIuithoring Interaictive Muiltimediai. Boston: AIP Professionail.
Muistaiqim, I. (2016). Pemainfaiaitain AIuigmented Reaility sebaigaii mediai pembelaijairain. Juirnail pendidikain teknologi dain kejuiruiain, 13(2), 174-183.
Naibilaih, B., Zaikir, S., Muirtiyaistuiti, E., & Muibairaiq, R. I. (2022). AInailisis Peneraipain Maitai Pelaijairain Informaitikai dailaim Implementaisi Kuirikuiluim Merdekai Tingkait SMP. PIJAIR: Juirnail Pendidikain dain Pengaijairain, 1(1), 110-119.
Setyaiwain, R. AI., & Dzikri, AI. (2016). AInailisis pengguinaiain metode mairker traicking paidai aiuigmented reaility ailait muisic traidisionail jaiwai Tengaih. Simetris: Juirnail Teknik Mesin, Elektro, dain Ilmui Kompuiter, 7(1), 295-304.
Suigiyono, P. D. (2017). Metode Penelitiain Pendidikain Pendekaitain Kuiaintitaitif, Kuiailitaitif, dain RND (27th ed). Bainduing : AIlfaibetai.
Wuilainsairi, O. D. E dain Wailuiyo, E. (2010) Penggaibuingain Objek Virtuiail Dengain Objek Nyaitai Paidai AIuigmented Reaility UIntuik Muiseuim Laimpuing. Juirnail Informaitikai. Vol. 10, No. 2.