PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MOTION GRAPHIC PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 1 SUWAWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi motion graphic pada materi jaringan komputer dan internet untuk siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 1 Suwawa. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya variasi media pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, di mana banyak siswa belum mencapai standar Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 75 sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D) dengan pendekatan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi motion graphic yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, masing-masing dengan skor 71,38% dan 80%, sehingga dinyatakan "Layak" untuk digunakan. Selain itu, hasil uji coba terbatas menunjukkan respon positif dari siswa dengan skor rata-rata 82,17% untuk aspek kepraktisan dan efektivitas. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran tersebut efektif, praktis, dan sesuai untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi jaringan komputer dan internet. Dengan demikian, media pembelajaran animasi motion graphic ini tidak hanya memenuhi standar kualitas, tetapi juga menjadi alternatif inovatif yang mendukung proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Suwawa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1). https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640
Elmawati, I. B., Priyono, A., & AH, A. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis. In Journal of Educatio (Vol. 3).
Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “SCRIBER” untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan, 19(2), 275–289. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3005
Fitriani, F., Erlina, E., Melati, H. A., Muharini, R., & Lestari, I. (2023). Pengembangan Video Ikatan Kimia Dengan Pendekatan Multipel Representasi Untuk Mengatasi Miskonsepsi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.3476
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran.
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156.
Nastiti, M. D., Mustaziri, & Tomponu, A. N. (2021). Animasi 2D (Motion Graphic) Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi. EL Sains, 3(1), 2527–6336.
R. Eka Murtinugraha, Ridia Irin Imbatami, Riyan Arthur, Firros Hirzy, & Mafie Musqyla. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Rancangan Penelitian Pada S1 Pendidikan Teknik Bangunan Ft Unj. Balanga: Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 10(1), 41–47. https://doi.org/10.37304/balanga.v10i1.4988
Romadonah, E. S., & Maharani, I. N. (2019). Motions Graphic Sebagai Media Pembelajaran (Issue 2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yanto, D. T. P., Candra, O., Dewi, C., Hastuti, & Zaswita, H. (2022). Electric drive training kit sebagai produk inovasi media pembelajaran praktikum mahasiswa pendidikan vokasi: Analisis uji praktikalitas. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1), 106–120. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.19676