STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA TEBING KARATON, BANDUNG, JAWA BARAT

Main Article Content

Ika Suryono Djunaid
Naomi Andryani Gamaliel

Abstract

Tebing Karaton adalah salah satu destinasi wisata alam yang memiliki potensi wisata alam yang sangat tinggi. Dimana Tebing Karaton memiliki pemandangan alam yang sangat indah tetapi terdapat permasalahan yang terjadi di Tebing Karaton. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan yang dapat diterapkan bagi destinasi wisata Tebing Karaton, Bandung, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah matrik IE (Internal-Eksternal), matrik SWOT (Strengths-Weakness-Opportunities-Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Populasi yang digunakan adalah pengunjung Tebing Karaton. Hasil dan pembahasan yaitu mendapatkan strategi alernatif untuk pengembangan destinasi wisata Tebing Karaton. Pembahasan tersebut dimulai dari matrik IE (Internal-Eksternal) untuk menentukan posisi Tebing Karaton berada di zona stabil. Menentukan matrik SWOT untuk mendapatkan strategi alternatif. Strategi alternatif yang didapat sebanyak tiga belas (13) strategi alternatif yang dibagi menjadi empat bagian yaitu strategi SO sebanyak empat strategi, strategi WO sebanyak empat strategi ST sebanyak tiga strategi, dan strategi WT sebanyak dua strategi. Simpulan dan saran drai penelitian ini adalah penerapan strategi alternatif pada pengembangan destinasi wisata Tebing Karaton. Strategi alternatif utama adalah bekerja sama dengan pihak pengembang swasta, melakukan penyulungan untuk ojek pangkalan, dan bekerja sama dengan travel agent.

Article Details

Section
Articles

References

Bandung, Disbudpar. (2019, Agustus 1). Rencana Strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung 2018-2023. Dari https://www.disbudpar.bandung.go.id/c_home/plan_detail/1

Budiaji, Weksi. 2013. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Vol. 2 No.2. Dalam Syofian, Suzuki., Setiyaningsih, Timor., Syamsiah, Nur. 2015. Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. Universitas Darma Persada, Jakarta dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/540/506

Jabarprov, Dishut. (2019). Rencana Strategis Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2023. Dari http://dishut.jabarprov.go.id/data/RENSTRA%20Dinas%20Kehutanan%202018-2023.pdf

Khotimah, Khusnul., Wilopo., Hakim, Luchman. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 41 No.1. Universitas Brawijaya Malang. Dari https://media.neliti.com/media/publications/87665-ID-strategi-pengembangan-destinasi-pariwisa.pdf

Mubarrok, Ujang Syahrul. (2018). Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Untuk Menentukan Strategi Bisnis Di UD. Kontomulyo Badas-Kediri. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri. Dari https://osf.io/preprints/inarxiv/y7dk6/

Pranata, Galih Alco., Idajati, Hertiari. 2018. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 7, No. 2, (2018) ISSN: 2337-3539 (2301-9271) dari http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/download/36387/5139

P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Mwthods). Yogyakarta: Alfabeta, 2011. Dalam Maryuliana., Much Ibnu Subroto, Imam., Farisa Chairul Haviana , Sam. 2016. Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Dari http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/EI/article/view/829/680

Rangkuti, Freddy. (1997). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Penghitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saputra, R Maulan Hari Saputra. (2014). Analisis Faktor Perilaku Inovatif, Ketrampilan Komunikasi dan Kerja Tim Terhadap Kesuksesan Berwirausaha di Bandar Lampung. Universitas Lampung. Dari http://digilib.unila.ac.id/3534/18/BAB%20III.pdf

Setyorini, Hany., Effendi, Mas’ud., Santoso, Imam. 2016. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Argoindustri Vol. 5, No 1 :46-53 ISSN 2252-7877 (Print) ISSN 2549-3892 (Online) dari https://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/269/261

Tahura. (2018). Selayang Pandang. Diunduh pada 15 Februari 2020, dari https://tahuradjuanda.jabarprov.go.id/

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2014). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta : Deepublish. Dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lqr4CQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=pariwisata&ots=Nyj5LHO_iz&sig=3XybkNKoI1vOzE4bBdCzOBwN3O8&redir_esc=y#v=onepage&q=pariwisata&f=false

Wahab, Salah. 1996. Manajemen Kepariwisata. Jakarta : PT Pradnya Paramita dalam Barreto, Mario., Giantari, I.G.A.Ketut. (2015) E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ISSN 2337-3067 dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/15129/12268

Waluya, Bagja. (2012). Geografi Pariwisata: Deskripsi Objek Pariwisata. Diunduh pada 19 Nopember 2019, dari http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/GEOGRAFI_PARIWISATA/deskripsi_objek_pariwisata.pdf