PENGALAMAN PELANGGAN DI KOPI TIAM RUSEN 1955, SINGKAWANG

Main Article Content

Stephanie Rosanto
Kallista

Abstract

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Arus tren kopi susu yang menjadi pemicu peningkatan konsumsi kopi dalam negeri. Salah satunya adalah Kopi Tiam Rusen 1955 yang sudah berdiri sejak tahun 1955. Kedai kopi ini menjadi salah satu ikon terkenal di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Letaknya yang berada di tengah kota dan pusat kota Singkawang membuat kedai kopi tiam ini otentik dan menjadi salah satu kedai kopi tiam wajib apabila berkunjung ke Singkawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pengalaman pelanggan, nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengetahui pengaruh dari variable x yaitu pengalaman pelanggan, nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap variable y kepuasan pelanggan. Kuesioner di sebarkan kepada 210 sampel yaitu pelanggan yang sudah pernah berkunjung ke kedai kopi tiam rusen minimal 1 kali selama 6 bulan terakhir. Hasil dari penelitian ini adalah pengalaman pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan hal ini di karenakan selain membeli kopi pelanggan juga memilih kedai kopi sebagai bentuk atraksi wisata kuliner jadi pengalaman menjadi salah satu yang paling di butuhkan oleh pelanggan. Pengalaman pelanggan yang menerima pelayanan baik dan kualitas kopi serta otentik bangunan dari kedai kopi tertua di Singkawang ini mampu mendorong kepuasan pelanggan yang maksimal. Nilai pelanggan berpengaruh pada kepuasan pelanggan hal ini di dasari oleh kedai kopi rusen sangat cepat dan cekatan dalam melayani pelanggan. Kualitas layanan berpengaruh pada kepuasan pelanggan hal ini di dasari oleh para pekerja di kopi tiam rusen memiliki tingkat pelayanan yang sangat baik pelayan sangat ramah dan menguasai produk yang dijual sehingga sangat memudahkan pelanggan.

Article Details

Section
Articles

References

Cunningham, N., & De Meyer-Heydenrych, C. (2021). Premium versus affordable clothing retailers: what are customer expectations for satisfaction and repurchase intentions? International Journal of Retail & Distribution Management, 49(6), 752–771. https://doi.org/10.1108/ijrdm-07-2020-0265

Dedi. (2019). Pontianak kota seribu warung kopi, sejuta inspirasi. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/1167060/pontianak-kota-seribu-warung-kopi-sejuta- inspirasi#mobile-src

Dewantara, Y. F., & Anggasta, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di joe’s grill swiss-belhotel mangga besar. Jurnal Pesona Hospitality, 15(2), 24-36.

Djunaid, I. S. (2020). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung taman wisata matahari kabupaten bogor. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 5(2), 76-95. http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v5i2.1839

Freudenreich, B., Lüdeke-Freund, F. & Schaltegger, S. A. (2020). A stakeholder theory perspective on business models: Value creation for sustainability. Journal Bussiness Ethics, 166, 3–18. https://doi.org/10.1007/s10551-019-04112-z

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program spss. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate data analysis (Ed. 8). Cengage Learning EMEA.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2020). Terimbas pandemi, neraca dagang kopi olahan masih surplus usd 211 juta. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. https://www.kemenperin.go.id/artikel/22036/Terimbas-Pandemi,-Neraca-Dagang-Kopi-Olahan-Masih-Surplus-USD-211-Juta

Kim, S. H., Kim, M. S., & Lee, D. H. (2016). The effects of personality traits and congruity on customer satisfaction and brand loyalty: Evidence from coffee shop customers. Advances in Hospitality and Leisure, 12, 3–33. https://doi.org/10.1108/S1745- 354220160000012001

Kotler, P. & Keller, K. L. (2013). Manajemen pemasaran (Ed. 2). Erlangga.

Kurniawan, A., & Ridlo, M. R. (2017). Perilaku konsumtif remaja penikmat warung kopi. Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(1), 9–22.

Octavyan, D. L., & Sofiani, S. (2021). Pengaruh kualitas produk kopi terhadap keputusan pembeli di point coffee pedurenan. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 15(1), 22-28. http://dx.doi.org/10.47256/kji.v15i1.23

Saputera, D. (2021). Analisis kinerja dan prospek komoditas kopi indonesia di pasar domestik dan internasional. Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains, 1(2), 87-95. https://doi.org/10.33197/bes.vol1.iss2.2021.826

Schmitt, B. H. (2010). Experience Marketing: Concepts, Frameworks and Consumer Insights. Foundations and Trends in Marketing, 5, 55-112.

https://doi.org/10.1561/1700000027

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Woodruff, R. B. (1997). Customer value: The next source for competitive advantage. Journal of the Academy of Marketing Science, 25(2), 139-153. http://dx.doi.org/10.1007/BF02894350